Kesehatan

Survei: Wajah Keriput Akibat Merokok Lebih Menakutkan Daripada Kena Kanker

Jakarta – Merokok sudah tentu bisa membahayakan kesehatan. Mulai dari penyakit jantung hingga kanker mulut dan paru-paru. Para perokok bukannya tidak tahu akan hal itu, tapi ternyata mereka lebih mengkhawatirkan dampak negatif rokok terhadap penampilan daripada kesehatan mereka.

Menurut responden yang punya kebiasaan merokok, kecantikan lebih penting ketimbang kesehatan. Ketika ditanya soal kekhawatiran mereka terhadap kondisi kesehatan, sebagian besar responden mengatakan mereka lebih cemas akan dampak buruk rokok terhadap tampilan luar daripada kemungkinan mereka mati muda, cacat atau kena kanker akibat batangan berisi nikotin itu.

Meskipun perusahaan rokok sudah memuat peringatan berupa gambar maupun grafis tentang bahaya rokok pada kemasannya, kebanyakan orang justru lebih terganggu dengan kerutan di wajah dan gigi yang menguning karena terlalu sering merokok. Dalam polling yang diikuti 1.500 perokok dan mantan perokok tersebut, rata-rata mulai melihat pengaruh dari kebiasaan buruk itu di usia 32 tahun.

Kekhawatiran terbesar mereka antara lain gigi yang bernoda, bau napas tak sedap, badan berbau rokok, timbulnya kerutan, garis-garis halus dan kuku yang menguning. Beberapa perokok juga ada yang takut gigi mereka copot sebelum waktunya, bibir berkeriput, kulit kusam dan kering.

Satu dari tiga perokok pernah mengalami dimarahi orang atau terang-terangan diperingatkan akan efek buruk tembakau di depan muka mereka. Sementara empat dari sepuluh perokok menghabiskan waktu lebih banyak untuk merawat kecantukan dan mencoba mengurangi efek rokok pada penampilan mereka.

“Dampak negatif rokok pada kesehatan sudah sangat baik didokumentasikan, tapi orang justru lebih memikirkan pengaruh buruk rokok terhadap kecantika. Selama penelitian, kami mendapati 3/4 perokok mengatakan bahwa kebiasaan mereka ini telah menyebabkan penurunan kondisi kulit dan wajah. Mereka lebih khawatir akan itu daripada bahayanya terhadap kesehatan,” ujar Dave Levin dari VIP, perusahaan produsen rokok elektrik yang mengadakan survei, seperti dikutip dari Daily Mail.

Menurut Dave, penyebabnya karena kesehatan fisik tidak selalu terlihat dari luar. Kerusakan pada organ-organ dalam tubuh baru bisa diketahui ketika menjalani pemeriksaan oleh dokter, rontgen atau CT scan. Sementara penampilan akan langsung tampak dan disadari orang. Seperti kerutan, gigi kuning atau raut wajah tidak segar.

(hst/hst)

.

Baca juga :

Enjoy-Your-Workout with Miranda Kerr Merealisasikan Tubuh Seindah Miranda Kerr

  Buat Moms yang baru saja melahirkan, namun bermimpi memiliki tubuh seindah Miranda Kerr, ada kesempatan untuk menjadikannya kenyataan. Lewat... read more>

Couple grasss Tidur Terlentang Buat Kulit Wajah Tetap Kencang

  Kulit wajah cantik segar dan awet muda saat ini memang relatif lebih mudah didapat mengingat sudah begitu banyak produk... read more>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verification

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

0 Comments