Kesehatan

Cara Masak Sayuran yang Tepat untuk Meningkatkan Kandungan Nutrisinya

Hestianingsih – wolipop

Jakarta – Makan banyak sayuran baik dan penting untuk kesehatan. Namun cara memasaknya juga harus diperhatikan, karena pengolahan yang salah justru bisa mengurangi bahkan menghilangkan nutrisi pentingnya. Salah satu cara mengonsumsi sayuran agar nutrisinya tetap terjaga adalah dengan memakannya secara mentah. Tapi ternyata tidak semua sayuran baik dimakan dalam keadaan segar.

Beberapa sayuran justru akan meningkat kandungan nutrisinya apabila dimasak dengan cara tertentu. Ini cara mengolah sayuran untuk meningkatkan nilai gizinya yang ditulis Ruth Frechman dalam bukunya ‘The Food Is My Friend Diet dan Bonnie Taub-Dix dalam buku ‘Read It Before You Eat It’, seperti dikutip dari Woman’s Day.

1. Wortel dan Brokoli
Wortel dan brokoli merupakan sayuran yang tidak disarankan untuk dimakan mentah karena akan sulit dicerna tubuh. Potong-potong wortel atau brokoli, lalu masak selama beberapa menit. Bisa ditumis atau dikukus. Cara masak ini akan meningkatkan kandungan carotenoid pada wortel dan brokoli. Carotenoid merupakan jenis antioksidan yang membantu mencegah kanker.

2. Sayuran Berdaun Hijau
Lemak sehat dari minyak bisa membantu tubuh menyerap lebih banyak nutrisi yang diproduksi saat sayuran hijau dipanaskan. Tapi jangan terlalu lama memanaskannya dan tambahkan hanya sedikit minyak saat menumis.

3. Bawang Putih
Setelah mencincang atau mengiris bawang putih, diamkan selama 15 menit sebelum menumisnya. Penelitian menunjukkan, membiarkan bawang putih terkena udara selama beberapa saat, tepat setelah diiris akan memicu reaksi enzim yang memproduksi senyawa pencegah kanker.

4. Potong Sayuran dalam Ukuran Besar
Memasak sayuran dalam potongan besar akan membuat makanan lebih sedikit terekspos air dan panas. Ketika sayuran dipotong terlalu kecil, tiap bagian potongan itu akan terkena lebih banyak air serta panas, yang bisa menghancurkan kandungan vitamin dan nutrisi penting.

5. Kentang
Mengukus atau merebus kentang secara utuh bersama kulitnya akan membantu mempertahankan kadar vitamin C yang dikandungnya. Selain itu, cara ini juga membuat kentang lebih cepat matang, karena jika dimasak terlalu lama akan membuat sayuran mengandung karbohidrat ini kehilangan banyak vitamin dan serat yang mudah larut dalam air.

(hst/fer)

.

Baca juga :

Enjoy-Your-Workout with Miranda Kerr Merealisasikan Tubuh Seindah Miranda Kerr

  Buat Moms yang baru saja melahirkan, namun bermimpi memiliki tubuh seindah Miranda Kerr, ada kesempatan untuk menjadikannya kenyataan. Lewat... read more>

Couple grasss Tidur Terlentang Buat Kulit Wajah Tetap Kencang

  Kulit wajah cantik segar dan awet muda saat ini memang relatif lebih mudah didapat mengingat sudah begitu banyak produk... read more>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verification

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

0 Comments