Ibu & Anak

Belajar Bersopan Santun

Ikhtisar

Setiap anak mampu berprilaku sesuai dengan usia. Anda tidak bisa mengharapkan anak-anak untuk menjadi sempurna berperilaku baik sepanjang waktu, tetapi Anda bisa mengajarkan mereka tentang kebiasaan perilaku sopan awal, sehingga Anda dapat meletakkan fondasi yang kuat untuk interaksi sosial yang positif . Berikut adalah caranya, berdasarkan usia.

Coba pada permulaan

Balita 18 bulan bisa mulai memahami aturan kesopanan. Mereka mungkin tidak sepenuhnya memahami apa yang Anda mengajar mereka , tetapi Anda bisa:

Melakukan sikap yang baik dalam konteks. Berpikir tentang perasaan orang lain adalah akar dari perilaku sopan. Jadi jelaskan kepada anak Anda bahwa ketika Anda membantu tetangga yang kehilangan kunci itu di taman bermain , dia merasa baik dan begitu juga Anda. Menunjukkan bagaimana jenis kasir adalah di supermarket. Berbicara dengan anak tentang peduli dengan orang lain, membantu mereka menyerap nilai kebaikan, bahkan tanpa sepenuhnya memahami itu.

Ambil contoh, anak 17 bulan yang keluar rumah dan melambaikan halo dan mengucap salam kepada semua orang. yang lainnya lebih lambat untuk melakukan, tapi tidak apa-apa. Untuk balita yang tidak nyaman menjadi pusat perhatian di sebuah pesta ulang tahun, bersikap sopan mungkin berarti dia berbisik ” Terima kasih ” ke telinga Anda dan meminta Anda untuk menyampaikan pesan .

Tetap simpel di meja makan malam. Balita tidak memiliki motor atau keterampilan emosional sekaligus untuk berlatih etiket yang baik di meja makan, jadi mulai dengan satu aturan, seperti “Bila Anda makan, Anda duduk di meja” atau “Tidak ada kaki di atas meja. “Ulangi sesering mungkin.

Etiket Anak-anak prasekolah

Pada usia ini, anak-anak telah meningkatkan memori dan bahasa dan kontrol impuls yang lebih baik, yang berarti akan lebih mudah bagi mereka untuk belajar dan mempertahankan sikap yang baik. Apa yang harus dilakukan :

Campur tangan diperlukan, Jika anak Anda telah mengambil mainan anak lain di taman bermain, ikut campur dan bersikeras bahwa ia mengembalikannya, Katakan padanya bahwa jika ia tidak akan melepaskan mainan, akan ada konsekuensinya, dia seharusnya tidak punya pilihan dalam hal ini.

Gunakan karakter favorit. Ketika anak Anda menolak untuk mengatakan “Aku minta maaf,” katakan padanya bahwa dia berperilaku seperti salah satu saudara tiri Cinderella. Ini memberikan anak Anda dengan contoh konkret untuk belajar dari sebuah cerita.

Menawarkan pujian. Jika anak Anda mengatakan “tolong” tanpa disuruh, puji dia pada sopan santun, dan membalasnya dengan apa yang ia minta (dalam alasan, tentu saja!). Kebanyakan anak umur 3 tahun memiliki kemampuan verbal untuk mengatakan, “Tolong aku ingin lebih banyak biskuit” jadi biarkan dia memiliki biskuit ekstra.

Cobalah bermain imajiner. Dengan anak 3 dan 4 tahun, mengingat cara makan di sebuah pesta teh adalah cara yang fun untuk belajar kesantunan di rumah. Praktek ritual meja kecil seperti serbet di pangkuan, tidak dimulai sampai semua orang melakukan hal yang sama, dan bahkan memperkenalkan “tamu” walaupun mereka boneka binatang.

Mengajar anak usia TK dan sekolah

Saat anak-anak tumbuh besar, mereka lebih mampu mengikuti petunjuk, dan mereka senang untuk menempatkan perilaku mereka pada publik. Di sekolah, mereka diminta untuk menjadi tenang, bergiliran, dan mengangkat tangan mereka. Berikut adalah bagaimana Anda dapat membantu perilaku anak Anda :

Diskusikan harapan. Seperti kemampuan verbal anak Anda yang semakin meningkat, berbicara tentang sikap apa yang dia anggap tepat. Katakan padanya tentang harapan Anda, juga, dan mendengarkan apa yang dia katakan sulit baginya untuk dilakukan.

Jika dia tidak bisa duduk diam saat keluarga belum selesai makan malam, biarkan dia meninggalkan kursinya, tetapi membuatnya tetap berbicara. (Juga, anak-anak lebih mungkin untuk mengikuti aturan jika mereka berpikir bahwa mereka terlibat, sehingga dia memiliki dia aturan-aturan dasar sendiri untuk bersopan santun.)

Ringkasan

Mengajar anak-anak tentang sopan santun adalah proses terus-menerus. Cobalah untuk bersabar, dan menjaga harapan Anda sejalan dengan apa yang anak Anda mampu capai pada usianya. Waktu dan kesabaran akan dihargai setiap kali anak Anda mengatakan “tolong” dan menggunakan serbet saat makan.

parenting.com

.

Baca juga :

Enjoy-Your-Workout with Miranda Kerr Merealisasikan Tubuh Seindah Miranda Kerr

  Buat Moms yang baru saja melahirkan, namun bermimpi memiliki tubuh seindah Miranda Kerr, ada kesempatan untuk menjadikannya kenyataan. Lewat... read more>

Couple grasss Tidur Terlentang Buat Kulit Wajah Tetap Kencang

  Kulit wajah cantik segar dan awet muda saat ini memang relatif lebih mudah didapat mengingat sudah begitu banyak produk... read more>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Verification

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

0 Comments